Biaya Pernikahan Tidak Harus Mahal

Persiapan Biaya Pernikahan

Mungkin banyak perjaka atau gadis memimpikan tentang hari pernikahannya, dimana pada saat itu akan ada kemewahan, kecantikan, ketampanan, keramaian serta segala hal meriah, dan dipandang mata oleh setiap yang memandang. Tetapi terkadang mereka tidak berfikir tentang segala hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai hal tersebut, dalam hal ini mengenai finansial. Kenyataannya di kemudian hari ketika hari pernikahan itu tiba baru dia menyadari betapa mimpi itu tidak mudah, terlalu banyak yang harus dipersiapkan, dan semuanya membutuhkan uang.

Persiapan Biaya Pernikahan

Beberapa pasangan muda akhir-akhir ini banyak yang mengalami kesusahan keuangan untuk segera melangsungkan ke jenjang pernikahan. Sementara itu, hubungan mereka sudah semakin lama tuntutan untuk melangsungkan pernikahan semakin kuat, mereka terkadang belum terpikirkan bagaimana mencari uang untuk pernikahan mereka karena ada keperluan lainnya. Tetapi bagaimanapun, mereka harus siap.

Kemudian, dengan keadaan yang sesulit itu bagaimana di pasangan muda ini merealisasikan mengenai pernikahan yang dianggapnya indah itu?  Maka solusinya sebenarnya sangat sederhana, yaitu tentang budgeting saja. Pasangan perlu duduk bersama membicarakan mengenai perencanaan pernikahannya.

Mereka perlu memutuskan berapa biaya yang akan dihabiskan untuk acara pernikahan, dengan mempertimbangkan keadaan yang mereka punya saat ini. Setelah mereka tahu budget secara umum dan keadaan yang mereka miliki hal-hal lainnya akan terasa lebih mudah.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memutuskan hari pernikahan. Setelah itu membuat perencanaan yang matang, termasuk ide, perencanaan, budget yang dibutuhkan untuk melangsungkan acara pernikahan, misalnya menemui petugas pernikahan (kantor catatan sipil), menemui pemilik gedung pernikahan nantinya, urusan catering, jasa dokumentasi dan lain-lain.

Setelah hal yang paling penting telah diputuskan. Kemudian diputuskan di mana akan dilangsungkan pernikahan, kalau keadaan keuangannya mepet maka ada baiknya menghindari penggunaan hotel, karena hotel pasti mahal. Kalau rumah anda besar menggunakan rumah merupakan cara yang paling murah, anda cukup memesan dekorasi saja. Menggunakan rumah tetangga, rumah saudara atau rumah teman juga dapat dijadikan alternatif.

Rata-rata orang menikah pada hari sabtu dan minggu, di hari-hari tersebut gedung pernikahan di Jakarta selalu ramai, ada baiknya anda mempertimbangkan penggunaan hari selain hari tersebut sehingga dapat meminta diskon kepada pemilik gedung, ini akan sangat membantu mengurangi pengeluaran.

Pasangan pengantin tentunya ingin tampak seperti ratu dan raja di hari pernikahan yang diimpikannya. Mereka biasanya membutuhkan pakaian pernikahan yang tampak sempurna dilihat tamu. Menginginkan hal tersebut tentunya bukan berarti tanpa uang, kesempurnaan membutuhkan uang yang sempurna.

Lantas bagaimana cara mengurangi pengeluaran? Jika memungkinkan, anda dapat menggunakan pakaian pernikahan orang tua anda dulu atau kakak anda dulu bahkan teman terdekat anda, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, mereka akan sangat senang dimintai tolong oleh anda.

Jika anda menginginkan hidangan mewah untuk para tamu kehormatan anda tetapi anda hanya memiliki uang yang pas-pasan, bagaimana caranya? Ada beberapa cara diantaranya dengan cara menanyakan kepada pemilik gedung pernikahan, “Apakah ada catering yang baik dengan harga yang murah?” Karena biasanya pemilik gedung sudah mengenal baik para pebisnis catering yang sering datang di gedung mereka.

Untuk dekorasi pernikahan, terkadang kreatifitas sendiri atau teman juga tidak kalah menarik dengan menyewa dekorasi dari tukang dekor. Tetapi kalau anda bukan orang kreatif dan tidak memiliki teman yang kreatif hal ini juga dapat ditanyakan ke pemilik gedung, adakah rekanan mereka yang memiliki paket dekor murah. Biasanya dekor ada macam-macam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Undangan pernikahan yang tampak mewah terkadang dirasa penting oleh anda, tetapi sebenarnya jika undangan anda memang orang yang harus datang, dengan model apapun anda mengundang anda mereka akan datang. Kemewahan undangan tidak terlalu penting. Bahkan untuk saat ini anda bahkan dapat menggunakan WA, atau bahkan email dengan cara yang ramah dan manusiawi. Ini justru akan lebih murah. Undangan yang mewah dan resmi mungkin harus dikirim ke rekan anda yang justru tidak terlalu akrab.

Namun jangan lupa untuk mendokumentasikan acara pernikahan tersebut. Disarankan menggunakan jasa dokumentasi pernikahan yang profesional, seperti Photoology Studio Jakarta yang menawarkan jasa foto maupun jasa video Jakarta sebagai dokumentasi pernikahan yang digarap dengan profesional oleh crew terbaik dan berpengalaman.

Bagaimanapun juga, momen-momen acara pernikahan harus ditangkap dan diabadikan ke dalam sebuah sebuah foto dan video yang berkualitas tinggi serta harus dapat mengambil arti sebenarnya dari momen tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai terlupakan.

Memiliki budget rendah bukan berarti dapat menggagalkan mimpi nikah anda. Perencanaan dan kesiapan matanglah yang dibutuhkan, bukan soal uang yang banyak atau sedikit. Dengan menyempatkan waktu untuk merencanakan pernikahan anda anda dapat memotong biaya yang tidak sedikit.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, terutama bagi pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan.

 

Persiapan Biaya Pernikahan yang Perlu Diketahui

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.