Tak Perlu Biaya Mahal, Begini Cara Efektif Hilangkan Goresan pada Mobil

Goresan pada Mobil

Goresan pada body mobil membuat penampilannya terkesan kurang menarik. Apalagi, jika goresannya cukup besar dan tampak jelas.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan baret pada mobil tanpa perlu biaya mahal maupun ke bengkel. Salah satunya, melakukan dempul mobil untuk mobil baret, lecet dan tergores.

Pertanyaanya sekarang, apa solusi untuk baret pada mobil dan bagaimana cara menghilangkan mobil baret?

Tips Menghilangkan Baret Mobil

Baret atau goresan pada mobil bisa muncul tanpa disengaja dan tidak disadari sama sekali.

Meski sudah berhati-hati, tetap saja mobil bisa mengalami gesekan. Beruntung, cara menghilangkan baret tidak sulit.

Yuk, simak tips berikut ini!

Mengukur Kedalaman Goresan

Sebelum memoles bodi mobil, ada baiknya mengukur ke dalaman goresan untuk mengetahui seberapa parah berat pada mobil tersebut. Anda bisa memastikan apakah goresan terjadi akibat senggolan kendaraan lain atau hanya kotoran yang menempel.

Apabila hanya berupa kotoran atau debu, sebaiknya bersihkan bodi mobil dengan kain lap lembut atau menggunakan kanebo basah. Jika ternyata goresan, lihatlah apakah baretnya cukup parah atau tidak.

Memanfaatkan Pasta Gigi untuk Membersihkan Goresan

Setelah mencari tahu mengenai goresan pada mobil, Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkannya. Sebelum mengaplikasikan pasta gigi, bersihkan permukaan mobil yang lecet terlebih dahulu.

Kemudian, basahkan kain dan oleskan pasta gigi pada kain tadi. Sebaiknya gunakan kain yang teksturnya lembut.

Gosoklah pada bagian mobil dengan gerakan melingkar agar proses pemolesan merata pada seluruh bagian. Lalu, bersihkan kembali menggunakan kain bersih dan kering.

Menghilangkan Baret dengan Kompon

Untuk menghilangkan baret yang tergolong ringan, Anda bisa menggunakan kompon. Untuk membeli kompon tinggal mendatangi toko aksesoris mobil saja.

Kompon sendiri berfungsi mengikis cat pada goresan, sehingga goresan menjadi memudar hilang dan tertutup oleh cat.

Anda bisa menggunakan kompon putih untuk mengikis goresan. Untuk mengaplikasikannya tidak berbeda jauh dengan pasta gigi. Bersihkan terlebih dahulu permukaannya, kemudian poles bagian menggunakan kompon.

Hindari memoles kompon terlalu banyak karena dapat merusak bodi mobil. Jika sudah selesai, bilas menggunakan air bersih dan lap hingga kering.

Menggunakan Scratch Remover

Jika bahan-bahan di atas kurang maksimal, bisa menggunakan scratch remover untuk menghilangkan baret ringan. Scratch remover salah satu solusi untuk baret pada mobil agar kembali seperti semula lagi.

Cara menggunakannya juga tidak sulit, Anda bisa mencampurkan cairan scratch remover pada bodi yang tergores. Aplikasikan secara merata dan gosok bagian baret menggunakan kain micro-fiber.

Lakukan beberapa kali agar goresan tersamarkan dan hasilnya lebih maksimal.

Bagaimana Bila Baret Mobil dalam dan Cukup Parah?

Jika goresan pada mobil cukup dalam, sebaiknya langsung mengunjungi ke ahlinya. Berikut berbagai rekomendasinya.

Membawa Mobil ke Salon

Langkah pertama yang bisa dilakukan apabila goresan cukup dalam dan parah adalah membawanya ke salon mobil. Nantinya montir akan memoles bodi mobil yang lecet.

Selain menghilangkan baret, mobil juga lebih bersih dan wangi. Untuk datang ke salon mobil, Anda harus menyisihkan budget terlebih dahulu karena harganya cukup menguras dompet.

Anda juga bisa mendatangi salon secara rutin agar performa mobil tetap maksimal dan awet.

Memoles Bodi Mobil

Masih ada alternatif lain jika tidak ingin berkunjung ke salon mobil, yaitu dengan berkunjung ke poles mobil. Banyak sekali jasa yang menawarkan poles mobil, sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Anda bisa memilih jasa yang terpercaya dan memberikan layanan profesional agar hasilnya sesuai harapan. Sebenarnya bila goresan ringan dan tidak terlalu dalam dapat dilakukan sendiri, tetapi jika dalam harus menggunakan alat khusus.

Mengunjungi Bengkel Ketok Magic

Jika goresan parah dan sangat mengganggu penampilan bodi mobil, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel ketok magic saja. Ketok magic tidak hanya mengatasi goresan pada mobil saja, tetapi juga dapat memperbaiki bodi yang bopeng, remuk, dan retak sekali pun.

Biasanya untuk memperbaiki bodi yang penyok dan remuk, harus mendempulnya terlebih dahulu. Selain untuk bodi remuk, dempul mobil untuk mobil baret, lecet dan tergores juga membantu mengatasi kerusakan pada kendaraan.

Ketebalan dempulnya akan disesuaikan dengan kerusakan. Anda tinggal menyerahkannya saja kepada mekaniknya.

 

Cara Efektif Hilangkan Goresan pada Mobil

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.