Cara Memasak Steak yang Benar Hingga Matang Sempurna

Cara Memasak Steak yang Benar  

Steak merupakan makanan yang sangat populer dengan bahan dasar daging. Olahan daging ini melalui proses pembakaran dengan tingkat kematangan tertentu. Penting untuk mengetahui cara memasak steak yang benar.

Pengolahan steak sangat berpengaruh terhadap rasa dan tekstur yang lembut, empuk, serta juicy. Hal tersebut tergantung dengan selera masing-masing orang. Kamu yang merupakan pecinta steak kini bisa memasaknya sendiri di rumah.

Bahan dan alat pembuatannya pun cukup sederhana. Namun, memasak steak tidak boleh sembarangan. Sebab kesalahan tersebut bisa mengubah tekstur daging menjadi alot dan mudah gosong.

Inilah Cara Memasak Steak yang Benar

Steak ideal dengan rasanya yang cukup menggugah selera makan. Rata-rata steak terbuat dari bahan dasar daging sapi segar. Namun, daging sapi sendiri memiliki varian jenis mulai dari harga murah hingga mahal.

Memasak steak memiliki perhitungan tersendiri guna mengatur suhu agar bagian dalamnya bisa matang sempurna. Bahkan kamu bisa mengatur sesuai dengan keinginan. Mengingat bahwa selera makan steak terkadang setengah matang.

Perhatikan tips berikut yang bisa kamu pelajari untuk mengolah steak.

Memilih Jenis Daging Sesuai Keinginan

Biasanya steak yang lezat terbuat dari daging sapi pilihan dan berkualitas. Dalam hal ini kamu bisa membeli daging sapi premium yang harganya cukup mahal. Tetapi kamu juga bisa memanfaatkan daging sapi biasa untuk membuat steak.

Selain itu, ada varian daging has yang dikenal dengan sebutan tenderloin. Daging tersebut memiliki lemak yang memanjang pada salah satu sisinya. Bahkan rib eye atau daging di sekitar tulang iga sapi mampu memberikan cita rasa yang sangat gurih.

Menggunakan Bumbu dengan Takaran yang Pas

Cara memasak steak yang benar bisa dilakukan dengan tidak menggunakan bumbu terlalu banyak. Marinasi bumbu yang terlalu banyak akan menutup rasa asli dari daging yang gurih. Bahkan bisa menyebabkan permukaan daging menjadi lebih gosong.

Sebaiknya tidak memberikan marinasi yang terlalu bervariasi untuk jenis daging berkualitas. Akan lebih baik hanya menambahkan garam juga lada. Saran terbaik adalah menggunakan lada hitam yang lebih pedas untuk bumbu steak.

Tidak Memasak Daging Beku

Ketika kamu membeli daging sapi beku sebaiknya untuk tidak langsung memasaknya. Diamkan daging sapi dalam waktu kurang lebih 20-30 menit hingga es benar-benar mencair. Cara cepat untuk mencairkan daging sapi beku dengan merendamnya ke dalam air.

Biasanya daging yang masih beku membuat suhu pada pemanggangan menurun. Hal tersebut mengakibatkan tekstur steak menjadi terlihat basah. Tentu hanya akan matang bagian luarnya saja sedangkan dalamnya masih basah.

Masak Sesuai Tingkat Kematangan Daging

Sebenarnya memasak steak tidak harus matang dengan sempurna. Hal tersebut sesuai dengan selera masing-masing orang. Namun, ada 5 jenis tingkat kematangan steak yang perlu kamu pahami.

Biasanya orang-orang membuat steak dengan kematangan rare, medium rare, medium, medium well, dan well done. Nah, kamu bisa memilihnya dan memasak dengan tekstur yang bervarian.

Tingkat kematangan yang sempurna tentu diminati banyak orang. Hal tersebut tidak meninggalkan bau amis pada daging sapi. Bahkan bumbu juga lebih meresap ke dalam daging yang dibuat steak.

Cara memasak steak yang benar bisa memberikan hasil matang yang sempurna. Jika kamu ingin memasak steak hingga benar-benar matang sempurna membutuhkan waktu kurang lebih 7-10 menit pada setiap sisinya dengan api sedang. Namun, untuk penyajian yang masih juicy dan berwarna merah bisa dengan memasaknya selama 6 menit pada setiap sisinya.

Gunakan Berbagai Teknik Memasak Sesuai Kebutuhan

Terdapat berbagai teknik memasak steak yang bisa kamu pilih. Dalam hal ini terdapat teknik basting, slow cooked steak, coal roasted steak mummy, dan masih banyak lagi. Bahkan ada teknik memasak steak yang langsung dibakar menggunakan arang.

Masing-masing teknik tersebut tentu menghasilkan steak yang berbeda. Sehingga menjadikannya sesuai selera yang kamu inginkan. Hal tersebut juga tergantung dengan alat yang kamu miliki di rumah untuk memasak steak.

Dengan memahami cara memasak steak yang benar, kamu akan mudah mengolah daging sapi menjadi makanan lezat. Penting bagi kamu untuk mempelajari teknik memasak steak agar hasilnya bisa lebih maksimal.

 

Cara Memasak Steak yang Benar Hingga Matang Sempurna

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.