daftar iklan mgid

4 Strategi agar Restoran Ramai Pengunjung dan Terkenal

Strategi Restoran Ramai dan Terkenal

Sebagai pemilik restoran, Anda tentunya selalu menginginkan agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Anda rela melakukan hampir segala cara untuk memasarkan restoran Anda, mulai dari menawarkan menu-menu yang dijamin membangkitkan nafsu makan hingga mengusung konsep restoran yang unik.

Strategi Restoran Ramai dan Terkenal

Namun, bagaimana kalau cara-cara tersebut masih saja tidak berhasil mendongkrak penjualan Anda? Apa yang harus dilakukan supaya restoran Anda tidak sepi pengunjung? Ada trik-trik lain yang perlu Anda coba selain menyorot hidangan lezat dan konsep yang tidak biasa.

Berikut empat strategi agar restoran ramai pengunjung dan terkenal. Pendekatan di bawah ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan sekaligus membangun loyalitas mereka. Apa saja?

1. Sempurnakan Desain Interior Restoran

Di era digital seperti sekarang (terlebih ketika Instagram mendominasi pasar media sosial), desain interior adalah salah satu elemen fundamental yang menentukan kesuksesan restoran Anda.

Hampir semua orang doyan mengunggah foto-foto mereka saat beraktivitas, tidak terkecuali ketika mereka bersantap di luar rumah.

Jadi, pastikan restoran Anda terlihat Instagramable. Ini adalah kunci penting yang akan menjadi umpan untuk memancing pelanggan agar berdatangan sekaligus menarik perhatian dari follower mereka. Intinya, buat bagian dalam restoran Anda secantik mungkin untuk memasarkan restoran Anda.

Dalam menentukan desainnya pun Anda tidak boleh sembarangan. Sesuaikan kembali konsep dan tema dari desain interior restoran Anda dengan target pelanggan Anda.

Misalnya, restoran bergaya kebarat-baratan tentu kurang cocok apabila dihiasi dengan ornamen-ornamen bambu. Begitu pula sebaliknya, restoran cepat saji mungkin terlihat aneh jika dipasangi lampu gantung yang glamor.

Baca juga:  Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya untuk membuka mata Anda. Misalnya, Meritage Restaurant yang terletak di tepi Pelabuhan Boston ini dapat menginspirasi Anda apabila restoran Anda juga kebetulan bersandingan dengan pantai atau laut.

Lihat bagaimana perancangnya membuat suasana yang nyaman dan hangat bagi pengunjung dengan mengecek foto-foto Meritage Restaurant di www.meritagetherestaurant.com.

2. Atur Jadwal ‘Happy Hour’

Tujuan utama dari menyelenggarakan happy hour yaitu, tentu saja, untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan ke restoran Anda sekaligus mendongkrak penjualan terutama pada waktu-waktu paling lambat dalam sehari.

Sebagian besar restoran umumnya menjadwalkan happy hour di sore hari pada hari Senin hingga Kamis, tapi Anda bebas untuk menentukannya kapan saja dan selama apa pun yang Anda hendaki. Namun, sesuaikan kembali rencana ini setelah mengamati pola kunjungan pelanggan.

Tawarkan promo khusus ketika happy hour sedang berlangsung, seperti potongan harga untuk minuman dan makanan pembuka. Siasat ini dipercaya ampuh untuk memengaruhi psikologi pengunjung supaya mereka tetap tinggal dan memesan lebih banyak hidangan.

Lalu, bagi pengunjung yang belum terdaftar sebagai pembeli tetap sebelumnya, beritahu jadwal happy hour restoran Anda untuk membujuk mereka agar mengunjungi restoran Anda lagi di kemudian hari.

3. Tawarkan Wi-Fi Gratis

Koneksi Internet agak-agaknya telah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang, tidak terkecuali untuk pengunjung restoran Anda.

Orang-orang merasa was-was apabila mereka tidak terhubung ke Internet untuk beberapa menit saja. Berangkat dari permasalahan ini, maka Anda sebagai pengusaha restoran sepatutnya mempertimbangkan untuk menyediakan Wi-Fi gratis di rumah makan Anda.

Tidak sedikit orang yang membuat keputusan mengenai di mana mereka akan makan berdasarkan ketersediaan Wi-Fi di lokasi tersebut. Jadi, kalau Anda ingin menarik lebih banyak pengunjung ke restoran Anda, jangan lupakan soal hal ini.

Baca juga:  Keuntungan Kirim Uang melalui Aplikasi Akuntansi   

Adanya Wi-Fi gratis akan mendorong wajah-wajah baru untuk mengunjungi restoran Anda. Bahkan, mereka juga berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap dari restoran Anda.

4. Sponsori Acara Olahraga Tertentu

Mayoritas orang ingin pergi ke suatu tempat untuk menonton pertandingan olahraga mereka, lebih-lebih lagi event yang diselenggarakan secara lokal seperti Liga 1 dan Pekan Olahraga Nasional.

Jadi, mengapa Anda tidak menjadikan restoran Anda sebagai titik berkumpul bagi pecinta olahraga tersebut untuk menonton acara kesukaan mereka? Manfaatkan momen-momen tersebut sebagai cara untuk memasarkan restoran Anda.

Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan strategi-strategi promosi khusus. Cukup umumkan mengenai rencana tersebut di laman media sosial dan website restoran Anda. Beri juga promo menarik seperti potongan 20% bagi pelanggan yang mengajak pasangan, anggota keluarga, atau teman.

Dengan begitu, akan ada semakin banyak orang yang mengunjungi restoran Anda, dan karenanya sales pun akan meningkat.

***

Itulah empat strategi agar restoran ramai pengunjung dan terkenal. Selain empat taktik di atas, Anda juga dapat menempuh jalan lain untuk mempopulerkan bisnis makanan Anda, misalnya mengadakan kursus memasak gratis atau berbayar dan menerapkan sistem loyalty points.

Pilih strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan restoran Anda. Sebisa mungkin jadikan restoran Anda berbeda dan lain daripada yang lain agar bisnis Anda semakin laris dan diminati oleh banyak orang.

 

4 Strategi agar Restoran Ramai Pengunjung dan Terkenal

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *