Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah, Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah

Pada dasarnya aki yang digunakan pada kendaraan seperti motor dan juga mobil ini dibagi menjadi dua yani aki kering dan juga aki basah. Sayangnya sekarang ini masih ada beberapa orang yang kurang begitu paham tentang perbedaan dari aki kering dan juga aki basah. Sehingga mungkin saat anda melakukan perbaikan kendaraan, anda sendiri yang bingung saat ditanya motor yang akan di service menggunakan aki kering atau basah.

Memang di pasaran otomotif sekarang ini kedua jenis aki ini begitu populer. Walaupun kedua jenis aki ini memiliki nama yang berbeda, namun sebenarnya kedua jenis aki ini entah itu aki kering atau aki basah sama-sama menggunakan cairan elektroda yang dikenal dengan nama air aki.

Jika kita telisik lebih dalam sebenarnya baik aki kering dan aki basah tentu saja mempunyai perbedaan yang lumayan mendasar. Dimana biasa nya untuk model aki kering sendiri memiliki cairan yang lebih padat jika dibandingkan dengan aki basah.

Cairan pada aki kering ini juga biasa nya memiliki bentuk seperti gel. Sementara untuk aki basah, cairan yang ada didalamnya mempunyai tekstur yang lebih encer. Bahkan terkadang saking encernya cairan ini sekilas mirip seperti air.

Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah

Setiap kendaraan yang bermotor tentu saja akan membutuhkan aki yang dapat bekerja secara maksimal.

Nah untuk anda yang mungkin sedang mencari aki untuk kendaraan dengan performa yang masih maksimal, anda dapat mengunjungi bengkel resmi sebagai tempat penjualan aki kendaraan berkualitas dan bergaransi.

Ada beberapa perbedaan yang bisa kita ketahui dari aki basah dan juga aki kering dari kendaraan.

Nah berikut dibawah ini adalah masing-masing perbedaan dari aki kering dan juga aki basah.

Aki Basah Pada Kendaraan

Aki jenis basah biasa nya memiliki tempat yang bersifat semi transparan. Hal ini sendiri memang disengaja demi mempermudah dalam memantau kadar air yang ada di dalam aki.

Nah air aki atau air zuur sendiri adalah cairan yang mempunyai fungsi untuk menjadi peredam.

Cell-cell yang ada di bagian dalam dari aki akan direndam dengan air zuur ini. Untuk itu, kenapa jenis aki basah mempunyai tempat yang bersifat transparan.

Karena air aki basah tidak boleh sampai habis tentu saja pengecekan dari kondisi air di dalam aki basah tentu saja harus menjadis uatu rutintias yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini juga berkaitan karena semua cell yang terdapat di dalam aki harus bisa terendam dengan sempurna.

Apabila air di aki berkurang, tentu saja penyimpanan di arus akan terus mengalami pengurangan.

Nah Oksidasi yang terjadi akan menjadikan lempeng dari cell menjadi karatan dan membuat kelistrikan dari kendaraan tidak akan bisa terjadi secara maksimal.

Jadi untuk anda yang memiliki kendaraan yang menggunakan aki basah, sangat penting untuk mengecek kondisi air aki basah tersebut minimal satu bulan sekali. Anda juga dapat menambahkan air aki yang sesuai dengan batas yang sudah dianjurkan.

Aki Kering Pada Kendaraan

Nah diatas kita sudah menuliskan tentang aki basah, lalu seperti apa aki kering pada kendaraan?

Aki kering adalah jenis aki yang dikembangkan dari jenis aki basah. Dimana aki kering mempunyai wadah yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis aki basah.

Aki kering juga mempunyai desain yang identik dengan pemilihan warna yang gelap atau solid. Misalnya saja memiliki warna hitam, kuning atau biru.

Berbeda dengan aki basah yang menggunakan wadah transparan, untuk aki kering sendiri tidak dapat dilihat dari samping.

Pembeda lainnya dari tempat aki kering dengan aki basah adalah pada tempat aki kering tidak mempunyai lubang pengisian di bagian atasnya. Selain itu jika pada aki basah mempunyai bagian dalam yang berwujud gel.

Yang menarik adalah tingkatan dari penguapan gel aki kering ini berukuran sangat kecil. Hal inilah yang juga memungkikan jika volume gel dari aki kering dapat terjaga.

Aki kering juga memiliki kelebihan lainnya yaitu bebas perawatan. Aki kering tidak membutuhkan perawatan dan hanya tinggal pakai, jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan aki basah.

Selain itu agar fungsi aki dapat berfungsi secara maksimal ada baiknya untuk melakukan perawatan di bengkel dealer cabang Suzuki di bawah ini:

  1. Sejahtera Sumber Baru Trada, website : https://suzukidealerkalimalang.id/
  2. Suzuki Sejahtera Aramada Trada, website : https://suzukimargondadepok.co.id/
  3. Suzuki SBAM Jakarta, website : https://suzukisbam.co.id/

 

Perbedaan Aki Kering Dan Aki Basah, Mana Yang Lebih Baik?

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.