Cara Mengatasi Handphone Bootloop Dengan Mudah

bootloop android

Bootloop merupakan sebuah proses handphone yang mati lalu menyala lagi yang terjadi secara berulang-ulang. Kondisi seperti ini menjadi kinerja handphone yang tidak stabil sebagaimana semestinya dan terlebih lagi handphone mengalami mati total.

Bagi pengguna Android tentunya sudah tidak aneh dengan masalah seperti itu. Biasanya permasalahan perangkat lunak di Android ini ditandai dengan perangkat akan kembali mengulang proses reboot, yang di mana hanya menampilkan logo Android saja.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi handphone bootloop. Tenang saja, karena Depoktik.co.id akan membagikan infromasi terkait permasalahan tersebut. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Handphone ( Android) Bootloop

Sebenarnya untuk mengatasi handphone bootloop bisa dilakukan dengan mudah, namun masih ada sebagian pengguna yang tidak tahu cara mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi handphone bootloop, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

1. Restart Handphone

Untuk cara pertama yang sering dilakukan adalah Restart handphone. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi handphone bootloop dengan jenis light bootloop. Simak tutorial cara mengatasi handphone bootloop dengan melakukan Restart handphone sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silahkan kamu matikan handphone terlebih dahulu dengan cara menekan tombol power.
  • Kemudian, jika handphone sudah mati maka kamu copot baterai, sim card, dan memory card. Jika tipe baterai sudah tertanam, maka kamu tidak perlu melepasnya.
  • Setelah itu, beberapa item yang sudah kamu lepas tadi, kamu pasangkan kembali.
  • Jika sudah, kamu coba nyalakan handphone Android kamu.

Jika dengan cara ini handphone Android yang kamu gunakan kembali menyala dan masuk ke sistem Android, berarti handphone tersebut hanya mengalami bootloop yang tidak terlalu berat atau ringan.

2. Factory Reset

Untuk cara yang berikutnya adalah kamu bisa melakukan Factory Reset, yang di mana mengatur kembali handphone ke pengaturan awal. Dengan begitu, aplikasi maupun file yang terdapat pada handphone akan hilang, sehingga kondisi handphone Android kembali seperti baru membeli handphone.

Berikut merupakan cara mengatasi handphone bootloop dengan melakukan Factory Reset, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  • Pertama-tama, kamu masuk ke Recovery handphone. Dengan cara, menekan tombol Power dan Volume atas, Power dan Volume bawah, Home + Power + Power Up.
  • Kemudian, nanti kamu akan diarahkan pada Recovery Mode di Android.
  • Selanjutnya, apabila kamu sudah masuk Recovery maka kamu pilih Wipe data/factory reset. Setelah itu, kamu pilih YES.
  • Lalu, kamu tunggu beberapa saat hingga proses reset berhasil.
  • Apabila sudah, maka kamu pilih Reboot system now.
  • Kemudian, kamu tunggu hingga proses booting berhasil.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi handphone bootloop. Jika handphone yang kamu gunakan mengalami bootloop, maka kamu bisa lakukan caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Cara Mengatasi Handphone Bootloop Dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.