Pengertian Tips Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian tips secara umum oleh banyak orang adalah saran-saran yang praktis, sederhana sebagai petunjuk singkat agar orang lain berhasil melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkan, dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh siapa saja yang membacanya. Tips umumnya diberikan berdasarkan pengetahuan atau pengalaman dari seseorang atau ahli.

Pengertian Tips Dalam Bahasa Indonesia

Secara terminologi, kata tips (dengan -s) bukan merupakan kosakata bahasa Indonesia melainkan istilah asing (bahasa Inggris). Dalam bahasa Indonesia hanya ditulis tip (tanpa -s) yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “tip”. Sedangkan bentuk jamak dari kata tip dalam bahasa Inggris adalah tips.

Meskipun belum dibakukan sebagai bahasa Indonesia, namun penggunaan kata tips dapat dipakai sebagai judul atau topik suatu permasalahan.

Pengertian Tip Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian kata “tip” menurut kamus bahasa Indonesia memiliki dua arti sedangkan menurut kamus bahasa Inggris memiliki banyak arti.

Tip dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tip memiliki arti:

  1. (kata benda): persen atau hadiah kecil (biasanya diberikan kepada pelayan restoran, pengangkat koper di bandar udara, pelayan hotel, dan sebagainya);
  2. (kata kerja): menyentuh dengan jari tangan, (menyentuh bola dengan jari tangan (mengetip) agar tidak masuk gol)

Sedangkan arti tip dalam bahasa Inggris memiliki bermacam-macam arti. Menurut Oxford Dictionaries, pengertian istilah tip (kata benda):

  1. Ujung yang runcing atau bulat dari sesuatu yang ramping (kecil dan panjang).
  2. Limbah, sampah, tempat yang kotor atau berantakan
  3. Sejumlah uang yang diberikan kepada seseorang sebagai hadiah untuk sebuah layanan.
  4. Saran praktis, kecil tapi berguna.
  5. Informasi rahasia

Sementara itu, menurut kamus slang bahasa Inggris, arti tips adalah untuk meningkatkan layanan profesional atau untuk memastikan pelayanan yang tepat.

Dengan demikian penulisan Tips dalam bahasa Indonesia diperbolehkan meskipun belum dibakukan. Namun kata tips tetap dianggap istilah bahasa asing karena dalam bahasa Indonesia hanya mengenal kata tip sebagai kosakata resmi.

Bisa saja suatu saat tips diserap menjadi kosakata bahasa Indonesia karena sering digunakan dalam pembahasan oleh sebagian besar lapisan masyarakat.

 

Pengertian Tips – Kanal Pengetahuan

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *