daftar iklan mgid

Cara Mudah Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Di era digital saat ini, kehadiran internet seharusnya dapat digunakan untuk mempermudah mencari informasi, termasuk mencari lowongan pekerjaan, karena prosesnya yang mudah, murah, cepat serta tidak banyak memakan tenaga, waktu dan pikiran.

Pencarian kerja bisa menjadi masalah jika semua pencari kerja dan jenis lowongan pekerjaan tidak sama dengan selera pencari kerja. Namun tidak ada masalah jika semua pekerja cocok dengan semua jenis pekerjaan. Oleh karena itu, mencari pekerjaan bisa dianggap sulit bagi sebagian orang.

Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Untuk itu, dengan memperbanyak informasi tentang lowongan pekerjaan dan tidak hanya bergantung dari informasi teman atau saudara, tentu akan bisa membantu menentukan pekerjaan yang tersedia dan cocok dengan kita. Sumber informasi yang paling mudah, gampang dan cepat adalah lewat internet.

Berikut ini beberapa tips cara mencari pekerjaan lewat internet.

1. Gunakan Situs Mesin Pencari

Menggunakan situs-situs mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya, merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Kita buka situs tersebut dan memasukkan kata kunci “lowongan pekerjaan” akan muncul banyak informasi tentang lapangan pekerjaan.

Jika menginginkan hasil yang lebih spesifik lagi, tambahkan kueri kata kunci lain seperti lokasi, jenis pekerjaan, gaji, dll. Misalkan “lowongan kerja Hotel Surabaya”,

2. Situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja

Jika ingin hasil yang lebih spesifik lagi, manfaatkan jasa situs loker (lowongan kerja) yang penyedia informasi tentang pencarian kerja lebih spesifik. Saat ini banyak situs loker di internet yang bisa dicoba untuk mencari informasi pekerjaan yang diinginkan.

Baca juga:  Aplikasi Competency Management untuk Mengelola Kompetensi Karyawan

Salah satu penyedia info lowongan kerja yang banyak digunakan adalah Jooble. Jooble yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini, merupakan jaringan perusahaan untuk tempat pencarian kerja di di benua Eropa, Amerika, Afrika, Oseania, dan Asia. Untuk Indonesia dapat diakses melalui alamat https://id.jooble.org.

Tampilan Jooble Indonesia dirancang untuk memudahkan akses pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang cocok, mulai dari lokasi, jenis pekerjaan, gaji, waktu kerja hingga persyaratan yang dibutuhkan.

3. Situs Resmi Perusahaan

Cari ini merupakan yang paling spesifik untuk mencari pekerjaan lewat internet, yaitu memanfaatkan situs resmi perusahaan. Umumnya perusahaan-perusahaan besar memiliki situs atau website resminya dan biasanya ada menu karir (career) yang berisi informasi tentang lowongan pekerjaan.

Cara ini akan sangat cocok bagi yang ingin bekerja di lembaga atau perusahaan tersebut. Semisal kita ingin bekerja di bank A, maka bukalah website bank A tersebut untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Jika ada, biasanya akan ada di website-nya dan akan terus diupdate. Oleh karena itu, pastikan mengunjungi situs resminya tersebut sesering mungkin.

4. Memanfaatkan Media Sosial dan Blog

Bisa saja cara ini bukan mencari lowongan kerja, melainkan membuka peluang diri agar diketahui potensi, kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Melalui blog pribadi, kita bisa menulis profil lengkap sekaligus membuat tulisan-tulisan yang berkaitan dengan keahlian yang dimiliki. Tak jarang ada perusahaan yang melirik kita melalui blog.

Baca juga:  Ketahui Tentang EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Juga manfaatkan medsos (media sosial) dengan bergabung di medsos perusahaan-perusahaan atau grup loker. Tapi jangan yang penting sharing, tapi sharing yang penting. Bahkan ada media sosial yang berfokus pada pekerjaan atau karir, seperti Linkedin.

Itulah 4 poin sederhana cara mencari pekerjaan melalui internet. Bukan lagi mencari kerja secara konvensional dengan berkeliling door to door ke perusahaan-perusahaan seperti dulu lagi. Karena internet bisa membantu.

 

Cara Mudah Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *