daftar iklan mgid

Jamur Tudung Pengantin Yang Unik dan Mulai Langka

Jamur Tudung Pengantin

Sekilas ada tanaman yang kutemukan di belakang rumah, di tepi kolam tak terurus. Saat baru muncul aku sudah tahu kalau itu sejenis jamur. Cukup banyak jenis jamur liar yang aku tahu sering muncul di tepian sungai, di kebun, baik di dekat tempat sampah atau di pokok kayu kering yang lembab.

Namun semakin jamur ini membesar, aku melihat bentuk yang aneh, berbeda dari jamur-jamur yang pernah kusaksikan. Bagian yang biasa membentuk semacam payung tidak ada, tapi muncul semacam jala kain yang berlobang-lobang. Sepintas mirip kaos lampu petromax di jaman dulu.

Silakan anda amati gambar di atas, menarik bukan? Aku berupaya mencari tahu jamur apakah itu. Dan ternyata orang banyak menyebut sebagai Jamur Tudung Pengantin dan itu jamur beracun.

Tapi terlepas dari apakah jamur itu beracun, aku melihat penampilan jamur itu amat unik dan indah. Mirip hasil sulaman nenekku dulu saat membuat alas meja dari benang. Betul-betul hasil karya alam yang cantik. Jika benar ia beracun, mungkin itu caranya menjaga keindahannya.

Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) termasuk salah satu jamur unik dan langka.  Secara internasional disebut juga  The Bridal Veil Mushroom dan berbeda dengan jamur pada umumnya.

Jaring-jaring halus yang menyelimuti tubuh jamur seperti membentuk tudung pengantin mempelai wanita yang  duduk di pelaminan. Warna jaring-jaring halus pun dikabarkan memiliki beberapa warna seperti warna oranye dan putih.

Baca juga:  Pengertian Ras Manusia Menurut Beberapa Ahli

Tudung jamur tersebut muncul pada saat jamur sudah berusia dewasa dan akan terus bertambah panjang seiring usia. Semakin ke bawah, lubang pada jaring akan semakin kecil. Tinggi jamur bisa mencapai 20 cm dan panjang jaring atau tudungnya bisa mencapai 12 cm. Hanya saja waktu hidup jamur cukup singkat sekitar sampai 30 hari saja.

Jamur Tudung Pengantin

Klasifikasi ilmiah

  • Kerajaan: Fungi
  • Divisi: Basidiomycota
  • Kelas: Agaricomycetes
  • Ordo: Phallales
  • Famili: Phallaceae
  • Genus: Phallus
  • Spesies: P. indusiatus

Nama binomial

  • Phallus indusiatus Vent. (1798)

Ada terbersit juga pikiran iseng di kepalaku, mengapa di balik keindahan kadang tersembunyi racun mematikan ? Jangan terlalu tergiur dengan keindahan yang tampak di luar, kadang ia menipu mata kita.

 

Jamur Tudung Pengantin

Loading...

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *