daftar iklan mgid

Cek 5 Persiapan Membuka Usaha Barbershop yang Laris

Barbershop menjadi salah satu usaha jasa yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Beda dengan tukang cukur rambut biasa, barbershop mengusung tampilan dan pelayanan lebih modern. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik dari usaha ini.

Pertama modal yang dibutuhkan tidak banyak, kedua termasuk usaha yang mudah untuk dilakukan. Ketiga peralatan yang untuk membuka usaha kini lebih mudah didapatkan. Selain itu barbershop juga bisa dijadikan usaha sampingan dengan mempekerjakan orang lain.

Jadi apakah Anda tertarik membuka usaha ini? Sebelumnya ketahui apa saja persiapan yang dibutuhkan.

Persiapan Wajib sebelum Membuka Bisnis Barbershop

Semua usaha membutuhkan persiapan, meskipun membuka barbershop itu mudah Anda perlu tahu analisa bisnisnya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka barbershop mulai dari peralatan seperti mesin cukur, gunting, handuk, sikat bulu dll bisa sekitar 1,5 juta rupiah.

Jika Anda bisa mendapatkan lokasi barbershop di rumah sendiri maka tidak perlu biaya sewa lagi. Pendapatan yang didapatkan jika bisa mendapatkan pelanggan 10 orang sehari dengan biaya cukur 20 ribu, maka pendapatan mencapai 200 ribu rupiah.

Jika ditotal Anda membuka usaha setiap hari maka pendapatan per bulan mencapai 6 juta rupiah. Dalam satu bulan jika target per hari tercapai Anda sudah bisa balik modal. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam membuka usaha ini?

1. Persiapan Peralatan

Karena Anda akan menjual jasa maka peralatan layanan harus diutamakan. Jika Anda mematok tarif potong 20 ribu maka pelayanan yang diberikan harus maksimal. Seperti dari cuci rambut hingga hasil potongan yang memuaskan.

Baca juga:  Pembayaran Premi Asuransi Dengan Aplikasi LinkAja

Semua layanan tersebut dapat diberikan jika Anda mempersiapkan peralatan lengkapnya. Alat-alat yang dibutuhkan tidak lain seperti aneka gunting rambut, kuas, sisir, sikat, handuk, jepitan plastik, kain penutup badan, tempat cuci rambut dan masih banyak lagi.

Cobalah untuk membuat daftar apa saja alat yang dibutuhkan dengan melihat ke tempat barbershop secara langsung. Anda akan tahu apa saja yang diperlukan.

2. Persiapan Lokasi

Sesuai dengan analisis bisnis yang tadi telah dijelaskan bahwa lokasi sangat penting dan besar kaitannya dengan modal. Usaha barbershop membutuhkan lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau. Pilih area yang ramai dengan konsumen sehingga mudah mendapatkan pelanggan.

Apabila kebutuhan lokasi rumah Anda strategis tidak masalah jika ingin membuka usaha di rumah. Selain strategi area juga harus cukup luas untuk bisa menampung lebih dari dua konsumen.

Anda harus menempatkan peralatan seperti kaca, kursi dan alat lainnya dengan praktis. Buat juga ruang tunggu yang nyaman untuk para konsumen.

3. Pilih Karyawan yang Berpengalaman

Anda tidak perlu mahir memotong rambut untuk membuka usaha barbershop. Karena bisa mempekerjakan orang lain yang tentunya memiliki keahlian memotong rambut. Penting untuk menyeleksi karyawan yang sudah berpengalaman.

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk mengelola karena pengalaman penting dalam memberikan kepuasan pelanggan. Karyawan yang bisa memotong rambut aneka model apalagi yang kekinian tentu banyak disukai oleh konsumen.

Baca juga:  Manfaat Minum Susu Anlene Untuk Orang Dewasa

4. Menciptakan Tema yang Menarik

Siapa saja sasaran konsumen dari barbershop Anda? Apakah anak muda, orang tua atau anak-anak? Jika Anda menyasar semua kalangan tentunya penting untuk membuat tema menarik dari usaha ini.

Misalnya saja untuk membuat ruangan nyaman Anda bisa memasang ac dan memberikan aroma terapi. Sehingga ketika konsumen melakukan grooming akan lebih nyaman. Pasang juga beberapa layanan seperti pijat atau creambath sehingga tak sebatas potong rambut saja.

5. Manajemen Barbershop

Tak melulu soal layanan tapi Anda juga harus mempersiapkan soal manajemen barbershop nantinya. meskipun tergolong kecil, Anda membutuhkan mesin kasir yang memadai fiturnya.

Anda bisa mengakses mesin kasir ini di https://majoo.id/ dan dapatkan fitur kasir yang cocok dengan usaha barbershop.

Melalui Majoo konsumen bisa dengan cepat bertransaksi dengan pilihan cash atau cashless. Selain itu juga, Majoo juga bukan hanya menyediakan aplikasi kasir tetapi juga peralatan lengkap.

Mulai dari printer kasir, barcode scanner, laci kasir mini, tablet, dan komputer desktop. Bagi Anda yang masih belum dapat menyediakan peralatan bisa memanfaatkan fasilitas layanan dari Majoo.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi akan apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha barbershop.

 

Persiapan Membuka Usaha Barbershop

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *