daftar iklan mgid

Pengertian Milis (Mailing List)

Mailing List

Meskipun saat ini mungkin Milis (Mailing List) sudah kurang populer dan tergantikan dengan aplikasi-aplikasi yang lebih praktis, namun keberadaan Milis pernah menjadi grup diskusi yang paling populer.

Mailing list atau sering disebut milis adalah grup diskusi di Internet di \mana setiap orang bisa berlangganan dan ikut didalamnya. Anggota milis juga dapat membaca email yang dikirimkan oleh anggota lain dan kemudian anda juga bisa mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis juga bisa disebut sebuah daftar alamat email yang mempunyai kesukaan yang hampir sama.

Saat ada orang yang mengirimkan email yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang di dalam grup milis tersebut, nahh disaat itu penerima email memiliki kebebasan mengenai topik pembahasan tersebut. Setiap kali ada orang membalas sebuah email, email tersebut dikirim ke setiap kotak surat masing masing anggota milis. Semua proses ini kita serahkan oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM’s) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik pembahasan, milis terdapat banyak macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas dalam hal tertentu (misalnya Tekno), ada juga yang membahas tentang gaya hidup seperti agama, dan lain sebagainya. Situs Milis yang paling dikenal adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.

Daftar untuk penggunaan milis bisa disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal, individu dapat berlangganan atau bisa juga berhenti.

Baca juga:  Ini Universitas di Jerman dengan 10 Peringkat Terbaik

Sejarah Milis

Pada tahun 1987-1988, saat Internet masih belum canggih seperti sekarang ini, ada sekelompok mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertamadan itu membutuhkan rujukan, dengan menggunakan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu.

Berawal dari milis diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri pemikiran pintas beserta kesadaran masyarakat dikembangkan. Bentuk milis ini ternyata terus berkembang pesat dari sebuah milis legendaris di janus, dan sekarang menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com.

Sekarang milis sering menjadikan media sebagai pembangunan sebuah komunitas kecil hingga besar. Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri akhirnya terbentuk karena adanya fasilitas diskusi melalui internet.

Fungsi Milis

Dengan adanya milis, kita bisa mengetahui beragam informasi dari banyak orang, seperti lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terhangat mengenai suatu berita yang sedang trending topic.

Kelebihan

  • Semua anggota dapat bertukar informasi dengan cepat dan mudah
  • Berita yang dikirim selalu terkini (Up to date)

Kekurangan

  • Milis kurang praktis untuk beberapa hal
  • Milis tidak bersifat interaktif untuk berdiskusi
  • Milis merepotkan penggunanya untuk me-reply (menjawab) kiriman anggota lain

Demikianlah pembahasan tentang milis (mailing list) dan sejarahnya, semoga bermanfaat.

 

Pengertian Milis (Mailing List)

Loading...

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *