daftar iklan mgid

Pengertian Tumbler dan Sejarahnya

pengertian tumbler

Saat ini lebih banyak orang mengartikan tumbler sebagai botol tempat minuman, bahkan ada yang mengartikan termos kecil karena ada jenis tumbler yang bisa menyimpan suhu minuman panas atau dingin. dibandingkan gelas. Padahal pengertian tumbler sebenarnya adalah gelas minum atau gelas yang tidak memiliki pegangan atau gagang serta biasanya dilengkapi dengan tutup gelas.

Istilah tumbler muncul pada abad ke 17 pada pesta adat di Eropa untuk menyebut gelas dengan bagian bawah yang cembung atau lancip sehingga gelas tersebut harus dipegang. Jika tumbler tersebut diletakkan maka akan terguling dan air menjadi tumpah karena tidak dapat berdiri tegak.

Arti Awal Istilah Tumbler

Menurut beberapa sumber, secara etimologi kata tumbler berasal dari bahasa Jerman yang berarti akrobat yang kemudian diadopsi ke dalam bahasa Inggris pada awal abad 14 yang memiliki arti jatuh atau tergelincir. Sehingga gelas yang biasanya terbuat dari logam dan mudah terguling atau tergelincir itu (tumbling), kemudian disebut tumbler.

Namun ada sumber lain yang menyebutkan bahwa sebenarnya etimolog abad ke-18 menyarankan untuk memberi nama kata “mazer” untuk gelas minum seperti cawan ini yang berasal dari kata Yunani yang berarti berguling-guling dibandingkan akrobat.

Gagasan bahwa dinamakan tumbler sebagai nama gelas mudah terguling, memiliki beberapa dukungan dari fakta seperti ada jenis lain dari gelas minum abad pertengahan, yaitu adanya pemakaian tanduk sebagai wadah minuman, yang akan berguling ketika diletakkan di atas meja.

Baca juga:  Pengertian Harmoni, Harmonis dan Harmonisasi

Tumbler Modern

Saat ini sebutan tumbler bukan hanya untuk gelas yang mudah terguling namun menjadi lebih umum sebagai tempat atau wadah minuman yang sedikit berbeda dengan gelas namun tidak dapat dikatakan sebagai botol secara umum.

Jenis dan model tumbler di pasaran sangat beragam termasuk bahan materialnya seperti plastik, kaca, aluminium hingga stainless steel. Harganya pun bervariasi tergantung model dan material.

Bahkan tumbler bisa dijadikan souvenir atau cenderamata sebagai hadiah atau kenang-kenangan. Info Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id.

Apalagi saat ini tumbler digunakan sebagai model kampanye lingkungan karena bisa dipakai berulang kali. Secara tidak langsung mengurangi penggunaan botol plastik air kemasan serta turut andil menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik.

 

Pengertian Tumbler dan Sejarahnya

Loading...

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *