daftar iklan mgid

Pengertian Wilayah Perairan dan Manfaatnya

wilayah perairan

Pengertian Wilayah Perairan adalah bagian permukaan atau daratan bumi yang secara permanen atau berkala tertutup oleh kumpulan massa air dan terbentuk secara alami dan/atau buatan yang memiliki sifat dinamis (bergerak atau mengalir) maupun statis (tergenang). Wilayah perairan ini dapat berupa air tawar, payau, ataupun air asin.

Wilayah Perairan

Wilayah perairan di bumi lebih luas dibandingkan dengan wilayah kering karena hampir dua pertiga permukaan bumi tertutup oleh air, baik itu air yang ada di darat maupun laut. Lapisan air yang menutupi permukaan bumi ini disebut hidrosfer. Lapisan air yang menutupi permukaan bumi membentuk samudera, laut, rawa, danau, sungai, tumpukan es, awan, uap dan lain-lain.

Berdasarkan letaknya, wilayah perairan terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

1. Wilayah Perairan Umum

Wilayah perairan umum identik berada di daratan sehingga sering disebut pula dengan perairan umum (daratan). Pengertian perairan umum adalah bagian permukaan atau daratan bumi yang secara permanen ataupun berkala tertutup oleh massa air dan terbentuk secara alami dan atau buatan, baik yang berair tawar, payau, ataupun air laut yang bersifat umum. Contoh perairan umum di antaranya adalah: sungai, danau, waduk, empang, rawa, tambak, dan sumur.

Secara umum perairan umum dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya alam yang produktif, baik sebagai sumber air baku untuk minum dan keperluan sehari-hari, sumber protein, tambang mineral dan energi, media transportasi, maupun untuk pariwisata.

Baca juga:  Penerapan Asas Maritime Cabotage di Indonesia

2. Wilayah Perairan Laut

Pengertian perairan laut adalah bagian bumi yang tertutup air dengan salinitas (kadar garam) tinggi. Perairan laut meliputi laut, teluk, selat dan samudera.

Perairan laut dapat dimanfaatkan sebagai: sarana transportasi, usaha perikanan, usaha pertambangan, sumber bahan baku obat-obatan dan kosmetika, sumber energi, pariwisata, pendidikan dan penelitian, serta pertahanan dan keamanan negara.

Manfaat Wilayah Perairan

Kedua wilayah perairan umum dan perairan laut dapat dimanfaatkan oleh manusia dan mahluk hidup lainnya. Bagi manusia, selain untuk memenuhi kebutuhan air, sumber daya perairan dimanfaatkan juga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara umum, wilayah perairan dikuasai oleh negara, namun untuk hak penggunaan atau pemanfaatan sumber dayanya, oleh negara dapat diberikan kepada individu atau kelompok yang memenuhi persyaratan tertentu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berikut beberapa contoh bagi kehidupan dan masyarakat sekitarnya.

1. Manfaat perairan laut bagi kehidupan

  • Laut merupakan penyumbang terjadinya hujan dan pengatur iklim
  • Air laut diolah menjadi garam
  • Dari dalam laut kita memperoleh berjenis-jenis ikan, kerang dan rumput laut yang dapat diolah menjadi makanan dan obat-obatan
  • Laut juga dimanfaatkan untuk olahraga air, jalur transportasi dan lain sebagainya.
  • Laut menjadi tempat wisata yang indah dan menarik.

2. Manfaat perairan sungai bagi masyarakat sekitar

  • Untuk irigasi mengairi sawah
  • Tempat memelihara ikan dengan menggunakan keramba
  • Sebagai prasarana transportasi dan perdagangan/pasar terapung
  • Dapat untuk pembangkit listrik
Baca juga:  Pengertian Internasionalisasi

3. Manfaat perairan danau

  • Menampung air hujan sehingga bisa mengurangi banjir
  • Pengairan sawah dan industri
  • Tempat memelihara dan penangkapan ikan
  • Untuk olahraga air dan rekreasi

 

Pengertian Wilayah Perairan dan Manfaatnya

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *