daftar iklan mgid

Alasan WordPress Sangat Populer dan Banyak Digunakan Ngeblog

Alasan WordPress Sangat Populer

WordPress merupakan salah satu aplikasi CMS (Content Management System) yang sangat populer dan banyak digunakan untuk membuat website maupun blog. Salah satu alasan yang banyak dikemukakan adalah cara membuat website dengan wordpress itu mudah. Menurut sebuah data Per 20 Desember 2018, CMS WordPress telah digunakan 59,8% dari berbagi mesin blog yang ada. Bahkan jauh di atas Joomla yang hanya 6,6% dan Drupal di peringkat ketiga dengan 4,7%.

Beberapa Alasan WordPress Sangat Populer

Meskipun telah bermunculan CMS baru sebagai aplikasi pengelola konten website, namun WordPress masih tetap populer menjadi platform blog. Mengapa WordPress bisa lebih populer dibandingkan dengan CMS lain? Berikut beberapa alasannya.

1. Open Source Software

WordPress merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software) dimana kode sumbernya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan, disebarluaskan dan gratis. Meskipun berlisensi open source dan gratis, namun terus ada dukungan dari pengembang dan komunitas WordPress yang luas dan juga memberikan dukungan teknis serta sering berbagi tip dan trik.

WordPress sebagai perangkat lunak gratis untuk diunduh dan gunakan. Namun, untuk menggunakan WordPress di web, Anda memerlukan Hosting WordPress seperti niagahoster.co.id.

2. Mudah Digunakan

Salah satu alasan mengapa WordPress sangat populer dan banyak digunakan untuk ngeblog karena memiliki antarmuka yang tidak memerlukan penalaran rasional dan intelektualitas atau dengan kata lain mudah digunakan bagi yang pertama kali menggunakannya.

Baca juga:  Aplikasi Citer FF Asli Auto Headshot Dan Anti Banned

Jika hanya ingin memiliki blog hanya fokus dengan konten apa adanya saja, dalam hitungan menit saja blog sudah jadi dan dapat diakses semua orang. Cara instalasinya pun cukup mudah. Selain itu, WordPress telah disiapkan agar memiliki standar SEO yang baik. Banyak praktisi SEO yang menyatakan bahwa menggunakan WordPress telah membereskan berbagai masalah dasar untuk SEO.

3. Tersedia Banyak Theme dan Plugin

Tampilan blog wordpress sangat bervariasi karena banyak theme yang tersedia. Pengguna wordpress dapat memilih theme yang ada agar sesuai topik blog. Jika ingin tampilan lebih “pribadi” lagi, tersedia theme premium atau berbayar. WordPress merupakan CMS yang paling banyak theme atau tema dibandingkan CMS lainnya. Bahkan pengguna juga bisa membuat sendiri desain theme WordPress.

Selain theme, ada banyak plugin untuk WordPress. Adanya plugin yaitu tambahan script ini untuk lebih memaksimalkan wordpress agar lebih powerfull. Ketersediaan plugin ini akan memudahkan para pengguna WordPress yang tidak ahli dalam coding.

Misalkan jika ingin membuat toko online di wordpress maka diperlukan plugin e-commerce karena fasilitas toko online tidak tersedia pada WordPress standar. Atau blog ingin lebih SEO lagi maka dibutuhkan plugin SEO. Sama seperti halnya theme, plugin wordpress ada yang gratis dan ada juga yang premium dari pengembang lain, untuk hasil lebih maksimal.

Baca juga:  Keuntungan Kirim Uang melalui Aplikasi Akuntansi   

4. Mendukung Penggunaan Mobile

WordPress telah dirancang dan dioptimasi untuk pengguna mobile. Apalagi saat ini hampir semua theme yang ada sudah responsive dan terdapat berbagai macam plugin untuk AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web, khusus dalam meningkatkan kecepatan akses melalui perangkat ponsel pintar.

5. Selalu ada Update

Sejak mulai dibuat pada tahun 2003 yaitu versi 1.1, pengembang WordPress selalu memberikan update terhadap WordPress hampir setiap tahun. Saat artikel ini dibuat, telah memasuki Versi 5.7.1. Dengan adanya update wordpress ini untuk menambah rasa aman dan nyaman bagi penggunanya karena umumnya dilakukan untuk memperbaiki bug, celah lubang keamanan yang ada maupun menambah fitur-fitur baru, dan lain-lain.

 

Alasan WordPress Sangat Populer dan Banyak Digunakan Ngeblog

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *