Pengertian Boarding School dan Contohnya

Boarding School di Bandung

Pengertian Boarding school adalah lembaga pendidikan yang menggunakan sistem sekolah berasrama, dimana siswa dan juga para guru dan pengelola sekolah tinggal di asrama yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu. Dengan kata lain para siswa tidak hanya belajar di sekolah, melainkan juga bertempat tinggal dan hidup menyatu di sekolah tersebut.

Konsep awal boarding school merujuk pada sekolah berasrama Britania klasik yang memiliki komponen atau elemen fisik seperti ruang belajar, asrama tempat tinggal dan sarana ibadah, serta non fisik seperti program aktivitas yang tersusun secara rapi dan segala aturan yang telah ditentukan beserta sanksinya.

Penggunaan istilah boarding school berbeda-beda di beberapa negara, misalkan college banyak digunakan di Great Britain untuk boarding school, private school di Amerika Serikat, kolej di Malaysia, pesantren (Islamic boarding school) di Indonesia dan sebagainya. Meskipun namanya berbeda-beda, namun konsep Boarding School sebagian besar sama yaitu memiliki asrama dan para siswa hidup; belajar secara total di lingkungan sekolah serta segala jenis kebutuhan hidup dan kebutuhan belajar disediakan oleh lembaga sekolah.

Karakteristik Sistem Pendidikan Boarding School

Boarding School adalah sebuah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dengan seluruh aspek pelakunya berada di dalam satu kompleks selama dua puluh empat jam setiap harinya dengan menyertakan keunggulan keunggulan dalam hal kurikulum pendidikan yang digunakan baik itu akademis maupun pembinaan akhlak dan spiritual agamanya.

Kanal Pengetahuan:   Pengertian Rem Kendaraan dan Fungsinya

Di sekolah asrama dengan sistem ini, para siswa mendapatkan pendidikan dengan kuantitas dan kualitas yang berada di atas rata-rata pendidikan dengan sistem konvensional. Untuk menjawab kemajuan zaman, sekolah dengan sistem boarding school telah merancang kurikulumnya dengan orientasi kebutuhan masa depan.

Karakteristik sistem pendidikan Boarding School, di antaranya adalah:

1. Segi Sosial.

Dari segi sosial, sistem boarding school mengisolasi anak didik dari lingkungan sosial yang heterogen yang cenderung buruk. Di lingkungan sekolah dan asrama dikonstruksikan sebagai suatu lingkungan sosial yang relatif homogen yakni teman sebaya dan para guru pembimbing. Homogen dalam tujuan yakni menuntut ilmu sebagai sarana mengejar cita-cita.

2. Segi Ekonomi

Dari segi ekonomi, boarding school memberikan layanan yang paripurna sehingga menuntut biaya yang cukup tinggi. Oleh karena itu siswa benar-benar terlayani dengan baik melalui berbagai layanan dan fasilitas.

3. Segi Religius 

Dari segi semangat religiusitas, boarding school menjanjikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani, intelektual dan spiritual. Diharapkan lahir siswa yang tangguh secara keduniaan dengan ilmu dan teknologi, serta siap secara iman dan amal saleh .

Dengan demikian, sekolah dengan sistem boarding school yang baik seharusnya dijaga ketat agar tidak terkontaminasi oleh hal-hal yang tidak sesuai dengan sistem pendidikan atau dengan ciri khas suatu sekolah berasrama, sehingga siswa terlindungi dari hal-hal yang negatif seperti merokok, narkoba, pergaulan bebas, dan tayangan-tanyangan televisi yang tidak produktif.

Kanal Pengetahuan:   Pengertian Tata Ruang Kantor

Contoh Boarding School di Bandung

Saat ini di Indonesia mulai banyak sekolah yang menerapkan sistem pendidikan Boarding School  berbasis ajaran Islam yang lebih dikenal dengan istilah Islamic Boarding School atau Pesantren Boarding School. Salah satunya adalah Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Bandung.

Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

Yayasan Pendidikan Al Ma’soem memberi pilihan kepada para siswa SMP dan SMA untuk mengambil Boarding School di Jawa Barat dengan memberikan fasilitas yang lengkap seperti: kamar untuk 4-6 siswa dengan kamar mandi di dalam, laundry gratis, lapangan basket, futsal, voli, badminton, pingpong, pacuan kuda, area panahan, kolam renang, poliklinik, jogging track, kantin, dll.

Lokasi Boarding School yang memiliki luas area 9 Ha dan berada di Kabupaten Bandung yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, serta didukung oleh para guru yang berkualitas dengan menggabungkan kurikulum dari Kementrian Pendidikan Nasional dan kurikulum dari Kementrian Agama, maka menjadikan Al Ma’soem sebagai SMA Islam Terbaik di Bandung. Ratio lulusan SMA yang berhasil masuk ke PTN selalu diatas 50% dari jumlah total siswa.

Banyak sekali hal positif yang bisa di dapatkan orang tua seperti di kutip dari almasoem.sch.id dengan menyekolahkan siswanya boarding school diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Manfaat bagi perkembangan religiusitas.
  • Manfaat bagi perkembangan intelektual.
  • Manfaat bagi perkembangan afeksi.
  • Manfaat bagi perkembangan sosial dan moral

 

Pengertian Boarding School dan Contohnya

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *