daftar iklan mgid

Aplikasi Competency Management untuk Mengelola Kompetensi Karyawan

Aplikasi Competency Management

Setiap kinerja atau performa didukung dengan kompetensi masing-masing karyawan. Sayangnya, tidak semua karyawan dapat mengelola kompetensi secara mandiri. Karyawan pun membutuhkan peranan dan bantuan HRD untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi. Aplikasi competency management menjadi senjata ampuh HRD dalam pengelolaan kompetensi karyawan.

Cara Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Karyawan membutuhkan bantuan dari HRD untuk mengelola dan mengembangkan kompetensi. Dengan tindakan dan upaya yang tepat, kompetensi karyawan dapat dikembangkan dengan efektif dan efisien sehingga dapat mendukung operasional perusahaan dengan tepat.  Seperti apa caranya?

1. Menyelenggarakan program pelatihan

Program pelatihan karyawan menjadi salah satu cara meningkatkan kompetensi karyawan. Melalui pelatihan pula produktivitas dan kinerja perusahaan dapat dijaga dengan baik.

2. Job rotation

Job rotation atau rotasi pekerjaan adalah strategi ketika karyawan akan mengerjakan pekerjaan dan tugas yang berbeda atau belum pernah dikerjakan sebelumnya. Diharapkan dengan mempelajari beberapa keterampilan, karyawan mampu mempelajari dan menggali kemampuan serta bakat utama.

3. Mentoring

Mentoring adalah metode pembelajaran di mana mentor yang berpengalaman dan handal di suatu bidang akan mengajar seorang mentee yang mempunyai pengalaman lebih rendah. Tujuan dari pembelajaran ini adalah transfer pengetahuan dan keterampilan yang membuat karyawan mampu bekerja lebih baik.

4. Promosi jabatan

Pemindahan karyawan dari suatu posisi ke posisi yang lebih rendah disebut dengan promosi jabatan. Tahapan ini akan menguntungkan karyawan dari sisi jenjang karir. Akan tetapi, kompetensi, tanggung jawab, dan tugas yang diemban karyawan pun jauh lebih besar.

Baca juga:  Pilihan Promo Mobil Toyota dari Astrido Toyota

5. Membangun kerja tim

Suatu perusahaan yang terdiri dari karyawan dengan  berbagai latar belakang yang berbeda dapat bekerja dengan baik melalui kerja tim. Membangun kerja tim bisa mempermudah progres menuju tujuan bersama serta saling mendukung dalam rangka pengembangan kompetensi.

Kemampuan Utama Aplikasi Competency Management

HRD menghadapi banyak tantangan yang harus disiasati dengan tepat. Sayangnya, tantangan ini seringkali menyusahkan HRD dalam pengelolaan karyawan. Tantangan yang paling sering dihadapi adalah kurangnya tersedianya sistem yang dapat menyimpan dan mengelola informasi kompetensi secara dalam satu pusat.

Anda dapat mengelola kompetensi karyawan dengan menggunakkan aplikasi competency management dari LinovHR. Bersama LinovHR, HRD dapat memaksimalkan pengelolaan kompetensi karyawan lebih efektif dan efisien. Semua informasi mengenai kompetensi disimpan secara terpusat dalam cloud based server.

Apa saja kemampuan utama dari aplikasi competency management?

  1. Membuat Daftar Kompetensi
  2. Menambahkan Detail untuk Setiap Kompetensi
  3. Mengelompokkan Kompetensi
  4. Menyelenggarakan Assessment
  5. Melakukan Gap Skill Analysis

LinovHR dipercaya banyak perusahaan dari berbagai industri karena telah berpengalaman dalam menyukseskan pengelolaan SDM. LinovHR pun menjamin setiap data dan informasi karyawan yang digunakan tersimpan aman dan rahasia serta hanya digunakan untuk kepentingan pengelolaan karyawan. Dapatkan uji coba gratis hari ini dengan menghubungi layanan pelanggan LinovHR sekarang juga!

 

Aplikasi Competency Management untuk Mengelola Kompetensi Karyawan

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *