daftar iklan mgid

Keuntungan Menggunakan Angin Nitrogen Untuk Ban Kendaraan

Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Ban pada sebuah kendaraan sangat penting sebagai penggerak. Oleh karena itu tekanan udara yang ada pada ban harus seimbang di semua ban agar bisa menstabilkan laju kendaraan. Saat ini ada dua cara mengisi udara untuk ban kendaraan yaitu diisi angin biasa atau menggunakan angin nitrogen pada ban.

Pada saat ini, semakin banyak orang lebih memilih mengisi angin nitrogen dibandingkan dengan angin biasa, karena beranggapan bahwa nitrogen lebih baik dibandingkan angin biasa. Benarkah demikian?

Keuntungan Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban

Nitrogen (N2) adalah gas udara murni diantara jenis gas lainnya. Gas udara murni pada Nitrogen sudah tersaring dan sangat sedikit kandungan air di dalamnya. Jika angin biasa, kandungan gas yang ada masih terdapat air.

Secara umum keuntungan menggunakan nitrogen pada ban kendaraan adalah tekanan ban akan lebih stabil karena nitrogen murni tanpa kandungan air. Sehingga jika dibawa berakselerasi pun, kendaraan jadi lebih ringan.

Berikut beberapa keuntungan dan manfaat jika mengisi ban dengan angin nitrogen.

1. Molekul Nitrogen Lebih Besar

Dibandingkan dengan angin biasa, nitrogen memiliki molekul yang lebih besar sehingga akan membuat pengendara nyaman karena molekul pada nitrogen tidak mudah menguap karena panas, sehingga ban tidak mudah kempis.

2. Nitrogen membuat elastisitas ban terjaga

Ban dengan angin nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga ban terasa elastis atau empuk yang akhirnya membuat kenyamanan saat mengendarai kendaraan karena kelenturan karet terjaga.

Baca juga:  Pengertian Rem Kendaraan dan Fungsinya

3. Nitrogen 99% tidak ada kandungan airnya

Kandungan angin nitrogen yaitu terdiri dari 79% nitrogen, 20 % oksigen, dan 1% uap air. Dengan demikian hampir 99% nitrogen tidak mengandung air. Berbeda dengan angin biasa yang memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Kandungan air yang sedikit pada nitrogen tersebut, maka membuat ban menjadi tidak mudah panas dan kempis saat kendaraan dibawa perjalanan yang cukup lama. Hal ini menjadi baik untuk tekanan gas pada ban kendaraan.

Berbeda dengan ban yang diisi angin biasa akan menyebabkan mudah kempis karena molekul udara mudah keluar melalui pori-pori ban.

4. Nitrogen dapat menghindari karat pada pelek kendaraan

Air menjadi salah satu penyebab korosi yang mengakibatkan timbulnya karat. Oleh karena itu kadar air yang sangat rendah pada nitrogen bisa mencegah timbulnya karat pada pelek kendaraan Dengan demikian pelek kendaraan akan menjadi lebih awet serta tidak perlu terlalu sering membersihkannya.

Dengan adanya keuntungan dan manfaat dari pengisian angin ban kendaraan dengan angin nitrogen, maka sebaiknya isi angin ban kendaraan dengan nitrogen. Hal ini bertujuan agar fungsi ban mobil menjadi maksimal.

Apalagi pengisian nitrogen sama seperti pengisian angin biasa, serta saat ini tempat pengisian nitrogen sudah sangat banyak dan mudah dijumpai. Hampir di setiap SPBU menyediakan angin nitrogen.

Nitrogen sangat disarankan untuk mobil Suzuki Baleno 2020 yang Tampil Lebih Agresif Dengan Fitur Lengkap.

Baca juga:  Berbagai Cara Menambang Bitcoin di Android

Catatan: Sebelum mengisi ban dengan nitrogen, sangat disarankan untuk menguras seluruh angin di dalam ban terlebih dahulu agar tidak bercampur nitrogen dengan angin biasa.

 

Keuntungan Menggunakan Angin Nitrogen Untuk Ban Kendaraan

Loading...

Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *