Pengertian Kanal

Pengertian istilah kanal secara umum adalah saluran air yang dibuat oleh manusia untuk berbagai kepentingan. Pada umumnya kanal atau terusan merupakan bagian dari aliran sungai dengan pelebaran atau pendalaman pada bagian tertentu. Sinonim kanal adalah terusan.

Pengertian Kanal

Namun dalam perkembangannya, istilah kanal tidak hanya berhubungan dengan air saja, melainkan dipakai juga dalam istilah lain yang berarti saluran. Misalkan kanal televisi, kanal pendidikan dan lain sebagainya, termasuk situs ini menggunakan istilah kanal pengetahuan yang merupakan sebuah saluran (kanal) untuk informasi dan pengetahuan.

Pengertian Kanal

Dalam bahasa Inggris kanal dapat diartikan:

  1. kanal; jalur air yang digunakan untuk transportasi kapal.
  2. saluran; genangan air yang sempit di antara dua massa daratan, seperti selat.
  3. saluran; frekuensi radio atau pita frekuensi.

Namun arti nama “Kanal” dapat berbeda dalam beberapa bahasa, negara, dan budaya dan memiliki lebih dari satu arti yang mungkin sama atau berbeda.

Misalkan,

  • Arti kanal dalam bahasa Sansekerta: Bersinar
  • Kanal adalah satuan ukuran luas tanah di Pakistan utara dan India seperti Haryana, Punjab, Himachal Pradesh, Jammu dan Kashmir. 1 kanal setara dengan 605 meter persegi atau seperdelapan hektar.

Pengertian kanal sebagai jalur kapal (terusan kapal) adalah jalur transportasi yang digunakan untuk angkutan barang dan orang di sungai, laut atau danau yang berguna untuk mempercepat tujuan pelayaran kapal, jalur antara dua buah laut yang tertutup oleh daratan dan sebagai jalur ke laut bagi daerah yang berada jauh di daratan.

Contoh Terusan kapal yang paling terkenal adalah Terusan Laut Putih-Baltik di Rusia, panjang 141 mil (227 km), dibuka pada 1933 dan Terusan Suez di Mesir, panjang 100 mil (160 km), dibuka pada 1869, menghubungkan Laut Tengah ke Laut Merah.

Pengertian kanal sebagai saluran air adalah jalur yang dibuat manusia untuk mengarahkan dan mengalirkan air yang berguna untuk irigasi, penahan banjir dan pemasok air ke tempat tertentu.

Contoh kanal air, irigasi sawah di beberapa wilayah Jawa yang bersumber dari waduk, kanal banjir timur dan barat yang ada di Jakarta.

 

Pengertian Istilah Kanal

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *