Dekorasi dan Desain dalam Konsep Tempat Tinggal Minimalis Modern

Konsep Tempat Tinggal Minimalis Modern

Waktu bertandang ke sebuah rumah minimalis kekinian normalnya kesan-kesan pertama-kali yang diperoleh ialah kekinian, sehat, jelas, dan luas. Terutama bila merupakan rumah urban di lokasi yang padat, dengan sentuhan kekinian yang responsif cuaca tropis dan ditunjang kehadiran ruangan terbuka dan area hijau dapat buat rumah berasa asri dan fresh. Tersebut sampel arsitektual suatu rumah minimalis kekinian.

Waktu ini makna minimalis sudah jadi mode pada dunia arsitektur. Sering kita dengar kata minimalis digunakan buat menyebutkan style, rancangan, rencana yang terkait dengan bangunan seperti, rumah minimalis, kantor minimalis, dapur minimalis dan lain-lain. Apa arti minimalis di dunia arsitektur sesungguhnya?

Konsep Tempat Tinggal Minimalis Modern

Menurut laman Lentera Rumah, Artian minimalis (minimalism) sebelumnya dipakai untuk tipe kehidupan. Minimalis yaitu usaha untuk melepaskan diri dari kehidupan terlalu berlebih dengan focus pada apa yang dikira paling utama maka bisa mendapatkan pemenuhan keperluan hidup, kebahagiaan serta kebebasan. Dalam perubahannya, prinsip minimalis diterapkan pula pada kreasi seni, sastra, arsitektur, photografi dan lain-lain.

Di dunia arsitektur, pemahaman minimalis yaitu langkah merencanakan yang seni serta fungsionalitasnya tercukupi dengan unsur yang sangat fundamental serta mendasar. lntensitasnya yaitu untuk membantu kehidupan dengan simple, tapi selalu mengutamakan nilai seninya. Minimalis memperlihatkan kelurusan, kesederhanaan struktur, serta implikasi susunan yang rasional atau mungkin tidak mendramatisir.

Karena itu pemahaman rumah minimalis yaitu rumah yang dibuat dengan prinsip susunan yang masuk akal sesuai sama fungsional yang paling fundamental serta prinsipil tak mesti tinggalkan nilai seninya.

Arsitektural Rumah Minimalis Kekinian

Pemahaman arsitektual yakni yang terjalin dengan arsitek ialah pengetahuan serta seni buat membuat bangunan dan susunan yang lebih mendetil. Arsitektual berkenaan dengan lingkup perancangan seluruh lingkungan bangunan yang bisa dijalankan, mulai dengan tingkat makro buat rencana kota, area atau lingkungan, lansekap atau rentang alam, sampai tingkat micro untuk perancangan terperinci konstruksi bangunan serta rancangan piranti atau furniture.

Wujud rumah minimalis yang sederhana tanpa banyak detil dapat menegaskan rancangan rumah kekinian saat ini. Prinsip minimalis tak dapat kelihatan kaku dan dingin kalau mendatangkan kondisi alami dengan memakai material alam. Pemakaian batu kali atau batu alam yang lain pada bagian-bagian rumah bisa melenyapkan kekakuan. Tak tertinggal bagian landscape yang didatangkan di halaman muka ataupun tanaman rambat di pagar depan yang berlapis batu kali dapat berasa lebih menjadikan satu dengan alam.

Secara prinsip, rancangan rumah minimalis sangatlah perduli pada kesatuan lingkungan yang pemakaian material tidak kelewatan atau boros. Material yang dipakai datang dari lokal dan alami, berarti asal dari lingkungan yang ada pada lebih kurang bangunan itu dibuat.

Awal Mula Rumah Minimalis

Sesungguhnya di Indonesia juga ide minimalis udah diimplementasikan dari dulu saat. Beberapa rumah tradisionil gunakan kayu lantaran material tersebut yang simpel diperoleh di seputar mereka. Datangkan material di luar pulau, apa lagi di luar negeri, tidaklah “sikap” minimaiis.

Rumah minimalis awal mulanya yaitu suatu rumah simple yang dibikin dengan memanfaatkan bahan seadanya, tidaklah terlalu mahal tetapi hasilkan wujud bangunan yang elok serta pantas didiami. Berbeda dengan Tipe Rumah di Perumahan.

Dalam perubahannya, rumah minimalis kekinian miliki artian lain ialah rumah yang didesain antik, rapi, bersih tanpa ada banyak ornament, berkesan imut, amat akurat, memakai warna yang berani biar lebih nampak menarik.

Maka untuk membuat suatu rumah minimalis kekinian kadangkala tidak kembali pikirkan ongkos yang mahal seperti dibikin di ruangan luas berbahan material mahal buat membuat suatu seni tiada tinggalkan fungsionalitasnya.

Sekarang ini telah banyak rumah minimalis kekinian berani hilangkan fungsi-fungsi tempat buat menekankan efektivitas. Area tamu, contohnya, dengan argumen jarang tamu bertandang karena itu ruang ini digagalkan. Kalau ada tamu yang belum dikenali atau tidaklah terlalu dekat hanya memanfaatkan teras depan atau di foyer. Sedang tamu yang udah dikira keluarga masuk langsung ke ruangan keluarga.

Ruangan keluarga tak lolos dari prinsip efektivitas rumah minimalis. Ruangan keluarga jadi area multifungsi yakni area enjoy keluarga sekalian terima perjalanan saudara, sampai tanpa partisi langsung terkait dengan ruangan makan. Situasi keakraban lebih menguasai di ruangan ini.

Bila lebih mendatangkan kondisi rumah yang bertambah nyaman dan lega, pilih rumah bertingkat sangatlah sesuai. Lantai banyak lebih dipakai buat rutinitas bersama baik itu dari bagian keluarga ataupun famili, dan lantai atas dikhususkan buat ketenangan seperti ruangan tidur, tempat belajar ataupun tempat beribadah. Dengan begitu lantai bawah bisa di optimalkan dengan meningkatkan area olah raga, gudang dll.

Rumah minimalis kekinian harus tetap memerhatikan lingkungan alam sekelilingnya. Pengerjaan taman yang peka cuaca tropis bakal bawa situasi rumah makin asri tanpa tinggalkan kesan-kesan kekinian. Kolam ikan dengan material alam, pohon-pohon, bunga disamping membikin kesegaran berperan meminimalisir udara panas di seputar rumah.

Bentuk arsitektural rumah minimalis kekinian di lokasi urban yang peka dengan lingkungan dan cuaca tropis bakal membentuk keamanan untuk penghuninya. Modern, kekinian dan cantik tak perlu dioles atau memanfaatkan dekor ataupun perabot kelewatan, tapi lebih ke efektivitas dan fungsi, itu dia kesan-kesan minimalis.

 

Dekorasi dan Desain dalam Konsep Tempat Tinggal Minimalis Modern

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.