Pengertian Foto Bokeh Dalam Fotografi

Pengertian foto bokeh dalam fotografi adalah area tidak fokus (unfocused) atau buram (blur) dalam suatu gambar atau foto. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang boke ( 暈け atau ボケ ) yang berarti “blur” atau “kabut”. Istilah terkait adalah bokashi (暈かし) yang berarti sengaja dikaburkan atau di-gradasi.

Pengertian Foto Bokeh Dalam Fotografi

Istilah bokeh dipopulerkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1997 oleh majalah Photo Techniques, yang saat itu Mike Johnston seorang editor memuat tiga artikel untuk bulan Maret dan April 1997 dengan mengubah ejaan dari bahasa Jepang tersebut menjadi pengucapan yang benar untuk penutur bahasa Inggris.

Istilah bokeh dalam fotografi muncul dalam buku-buku fotografi sejak 1998.

Foto Bokeh Dalam Fotografi

Foto bokeh sering dipergunakan dalam fotografi makro, model, seni, jurnalistik, dll dimana pengambilan foto ada titik fokus pada sebuah objek tertentu dengan sangat jelas sedangkan area selain titik fokus (unfocused) akan menjadi blur atau bokeh.

Fotografer biasanya menonjolkan titik fokus penting dalam mengambil sebuah foto. Fotografer landscape hampir tidak menggunakan bokeh serta memiliki kecenderungan mengambil fokus dari ujung sisi ke ujung sisi lainnya secara mendetail.

Dalam dunia fotografi bokeh merupakan sebuah estetika suatu gambar dari blur yang dihasilkan oleh lensa kamera.

Dengan kata lain, foto bokeh adalah cara lensa kamera merender titik cahaya di luar fokus. Alasannya adalah foto bokeh paling sering terlihat menyoroti latar belakang di sekitar objek/fokus, seperti refleksi specular dan sumber cahaya.

Namun, bokeh tidak terbatas highlights berbentuk bulat atau polygon, area tidak fokus atau blur yang terjadi pada semua daerah gambar bisa juga disebut dengan bokeh.

Untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus, kunci utamanya adalah lensa kamera terlebih lensa prime dengan bukaan aperture lebar.

Selain itu, lensa berkualitas akan menghasilkan jumlah blade yang banyak sehingga membentuk lebih bokeh bulat yang lebih menarik dibandingkan dengan bokeh kotak.

Meskipun saat ini ada beberapa smartphone dengan kualitas kamera lebih bagus, namun kamera khusus untuk foto dengan bukaan aperture lebar (f/1.4) akan jauh lebih baik menghasilkan foto bokeh yang bagus. Selain itu, kemahiran dalam memotret juga berpengaruh.

Contoh Foto Bokeh

Foto Bokeh Dalam Fotografi

 

Foto Bokeh Dalam Fotografi

 

Foto Bokeh Dalam Fotografi

 

Pengertian Foto Bokeh Dalam Fotografi – Kanal Pengetahuan

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *