Pengertian Harmoni, Harmonis dan Harmonisasi

Arti kata harmoni secara umum adalah keselarasan, kesesuaian, kecocokan dan keseimbangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud, harmoni berarti pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian.

 

Secara etimologi, kata Harmoni berasal dari bahasa Yunani, yaitu harmonia yang berarti terikat secara serasi dan sesuai.

Harmoni, Harmonis dan Harmonisasi

Pengertian harmoni adalah suatu perpaduan dari bentuk apapun yang menghasilkan keselarasan. Harmoni memiliki makna positif, sehingga segala sesuatu yang baik dapat di terjemahkan ke dalam istilah harmoni. Segala sesuatu hendaknya senantiasa serasi, selaras, seimbang.

Pengertian Harmoni Menurut Disiplin Ilmu

Istilah harmoni sering digunakan untuk bidang kajian tertentu seperti Harmoni Sosial, Harmoni Hukum, Harmoni musik, Harmoni Hidup, dan lain sebagainya, yang secara prinsip sama yaitu sebagai perpaduan dari bentuk apapun untuk menghasilkan keselarasan.

Harmoni Dalam Ilmu Sosial

Istilah harmoni diartikan juga sebagai pola yaitu usaha untuk mempertemukan berbagai pertentangan dalam masyarakat yang dikenal dengan istilah Harmoni Sosial. Harmoni menjadi faktor paling penting di dalam kehidupan masyarakat majemuk. Baca Kehidupan Harmoni Atas Kesamaan Manusia

Pola atau harmoni ini diterapkan dalam hubungan-hubungan sosial ekonomi untuk menunjukkan pemikiran bahwa kebijakan sosial ekonomi yang paling sempurna hanya dapat tercapai dengan meningkatkan Permusyawaratan antara berbagai anggota masyarakat, istilah ini disebut juga pola integrasi.

Harmoni Dalam Hukum

Harmoni hukum merupakan suatu proses keselarasan dalam pembentukan peraturan perundang- undangan untuk mengatasi batasan-batasan perbedaan, hal-hal yang bertentangan dan kejanggalan di antara norma-norma hukum di dalam peraturan perundang-undangan sebagai subsistem dalam kerangka sistem hukum.

Dengan demikian, dengan adanya harmoni hukum akan terbentuk peraturan perundang- undangan yang harmonis, dalam arti selaras, serasi, seimbang, terintegrasi dan konsisten serta taat asas.

Harmoni Dalam Psikologi

Menurut arti psikologis, harmoni diartikan sebagai keseimbangan dan kesesuaian segi-segi dalam perasaan, alam pikiran dan perbuatan individu, sehingga tidak terjadi hal-hal ketegangan yang berlebihan.

Harmoni Dalam Filsafat

Menurut arti filsafat, harmoni diartikan sebagai kerjasama antara berbagai faktor yang sedemikian rupa, hingga faktor-faktor tersebut menghasilkan kesatuan yang luhur. Misalnya antara jasad seorang manusia hendaknya harus ada harmoni, kalau tidak belum dapat disebut pribadi.

Harmoni Dalam Seni Musik

Harmoni berarti paduan nada, yaitu paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serentak.

Pengertian harmoni musik dijelaskan sebagai salah satu dari teori musik yang membahas atau mengajarkan tentang cara bagaimana untuk menyusun sebuah rangkaian akord sehingga musik tersebut enak didengar dengan nada yang selaras.

Pengertian Harmonis

Istilah harmonis merupakan kata sifat (adjektiva) yang memiliki pengertian bersangkut paut dengan (mengenai) harmoni; seia sekata.

Harmonis adalah segala sesuatu hendaknya senantiasa serasi, selaras, seimbang. Yang adil dan yang makmur adalah harmonis. Segala perilaku dan tindak-tanduk itu berangkat dari situasi yang harmonis menuju ke situasi yang harmonis baru.

Misalkan keluarga harmonis adalah suatu situasi atau kondisi keluarga dimana terjalinnya kasih sayang, saling pengertian, dukungan, mempunyai waktu bersama, adanya kerjasama, kualitas komunikasi yang baik dan minim terjadinya konflik, ketegangan dan kekecewaan dalam rumah tangga.

Pengertian Harmonisasi

Pengertian harmonisasi, sebagai upaya maupun sebagai proses, yaitu sebagai upaya atau proses yang hendak mengatasi batasanbatasan perbedaan, hal-Hal yang bertentangan, dan kejanggalan. Istilah harmonisasi secara etimologis menunjuk pada proses yang bermula dari suatu upaya, untuk menuju atau merealisasi sistem harmoni.

Upaya atau proses untuk merealisasikan keselarasan, keserasian, kecocokan dan keseimbangan, antara berbagai faktor yang sedemikian rupa hingga faktor-faktor tersebut menghasilkan kesatuan atau membentuk satu keseluruhan yang luhur sebagai bagian dari sistem.

Jadi istilah harmonisasi dapat diartikan sebagai proses atau upaya untuk menyelaraskan, menyerasikan, atau menyesuaikan sesuatu yang dianggap tidak atau kurang sesuai, kurang atau tidak pantas atau tidak serasi, sehingga menghasilkan sesuatu yang baik atau harmonis di berbagai hal.

Unsur-unsur yang dapat di tarik dari perumusan pengertian harmonisasi, antara lain:

a. Adanya hal-hal ketegangan yang berlebihan

b. Menyelaraskan kedua rencana dengan menggunakan bagian masing-masing agar membentuk suatu sistem

c. Suatu proses atau suatu upaya untuk merealisasi keselarasan, kesesuaian, kecocokan, dan keseimbangan

d. Kerjasama antara berbagai faktor yang sedemikian rupa, hingga faktor-faktor tersebut menghasilkan kesatuan yang luhur.

Misalkan: Harmonisasi hukum di kembangkan dalam ilmu hukum yang digunakan untuk menunjukan bahwa dalam dunia hukum, kebijakan pemerintah, dan hubungan di antara keduanya terdapat keanekaragaman yang dapat mengakibatkan disharmoni.

 

Pengertian Harmoni, Harmonis dan Harmonisasi

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *